Sukses Gelar Asian Games, Konfederasi Anggar Asia Apresiasi IKASI

Minggu, 26 Agustus 2018 - 22:46 WIB
Sukses Gelar Asian Games, Konfederasi Anggar Asia Apresiasi IKASI
Sukses Gelar Asian Games, Konfederasi Anggar Asia Apresiasi IKASI
A A A
JAKARTA - Fencing Confederation of Asia (FCA) mengapresiasi penyelenggaraan gelaran Asian Games 2018 pada 19 - 24 Agustus 2018 lalu di Jakarta Convention Centre (JCC) Gelora Bung Karno. Pada pertandingan tersebut turut hadir Sekretaris Jenderal FIE (International Fencing Federation) Emmanuel Katsiadakis, Presiden FCA Celso Dayrit, Presiden Anggar Korea Shin Won Choi, Presiden Anggar Hongkong Wai Sun Yueng, Presiden Anggar Iran Fazlollah Bagherzadeh, Presiden Anggar China, Wang Hai Bin, Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, Menteri Olahraga Korea, Do Jong-Hwan dan Menteri Olahraga Singapura, Grace Fu Hai Yien.

FCA mengapresiasi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) yang telah mempersiapkan perhelatan berkelas internasional tersebut.
Presiden FCA, Celso Dayrit menyatakan bahwa, arena pertandingan Anggar di Asian Games telah memenuhi standar International. “IKASI telah memastikan arena anggar telah sesuai standar pertandingan tingkat Internasional, mulai dari source-nya seperti wasit, juri, tim pengecekan peralatan anggar, hingga sistem penghitungan point kami datangkan dari specialis di cabang olahraga Anggar ini," tutur Celso di JCC pada Minggu (26/8/2018).

Ada tiga kategori atau jenis Pedang yang dipertandingkan yakni, Foil, Sabre dan Epee, serta 12 kelas yang disertakan terdiri dari Woman Individual, Man Individual, Woman Tim dan Man Tim pada tiap kategori. Pemenang anggar didominasi oleh Korea Selatan dengan 6 medali emas, China dengan 4 medali emas, Jepang dan Kazakshtan dengan 1 medali emas. Meskipun tidak meraih medali emas namun atlet Indonesia menunjukan perkembangan yang luar biasa.

“Pada Asian Games 2014 lalu Indonesia berhasil mengemas 1 emas 4 perak dan 3 perunggu dari cabang olahraga anggar. Walau tahun ini tidak berhasil meraih emas namun secara keseluruhan peforma dari masing masing atlet sudah sangat berkembang dibandingkan dengan Asian Games di Incheon, Korea Selatan pada 2014 lalu," papar Celso.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Agus Suparmanto bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan cabang Anggar pada Asian Games 2018 ini. “Saya bersyukur atas terselenggaranya acara ini. Kedepan nya kita akan berusaha lebih maksimal lagi dan mempersiapkan para atlet untuk SEA Games 2019 mendatang,” ujar Agus.

Berikut adalah pemenang dari masing masing katagori anggar. Foil Tunggal Putra dimenangkan oleh China, Foil Tunggal Putri dimenangkan oleh Korea Selatan, Foil Regu Putra dimenangkan oleh Korea Selatan, Foil Regu Putri dimenangkan oleh China, Epee Tunggal Putra dimenangkan oleh Kazakhtan, Epee Tunggal Putri dimenangkan oleh Korea Selatan, Epee Regu Putri dimenangkan oleh China, Epee Regu Putra dimenangkan oleh Jepang, Sabre Tunggal Putri dimenangkan oleh China, Sabre Tunggal Putra dimenangkan oleh Korea Selatan, Sabre Regu Putri dimenangkan oleh Korea Selatan, Sabre Regu Putra dimenangkan oleh Korea Selatan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3896 seconds (0.1#10.140)